Cerita dibalik Kopi Arabika dan Keindahan Dataran Tinggi Gayo

1. Sekilas Tentang Keindahan Tanah Gayo & Potensi Tanah Gayo

Danau Laut Tawar dataran tinggi Gayo (Aceh Tengah )

Kalau yang satu ini udah gak usah di ceritakan aja kali ya, karna udah pernah Tian ceritakan pengen tau buka aja linknya di sini . tapi kalau pengen lebih   jelas dan detailnya Tian bisa ceritain sebuah cerita dari wikipedia yang katanya gini ni..

"Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi GayoKabupaten Aceh TengahAceh. Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota TAKENGON, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter). tempat polasi ikan depik (http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Laut_Tawar) " Udah mudeng kan gimana danau laut tawar ? kalau yang belum bisa langsung aja tanya sama ahlinya google.



Pohon Kopi Arabika Gayo yang tidak nampak buahnya karna belum pada musimnya
Kopi Arabika yang baru saja di giling dan di lepas kulitnya setelah di cuci kemudian di jemur untuk di jual setelahnya
Kopi Arabika Gayo Siap Goreng 
Kalau masalah kopi di datarang tinggi Gayo jangan di tanya lagi, bisa di cek aja di negara-negara eropa nama Arabika Gayo yang sangat di perhitungkan di eropa dan tidak punya nama di Indonesia. Hufffft apa yang terjadi dengan bangsa ini ?

Pemandangan Desa Meurah Jernang yang merupakan yangtinggi di dataran tinggi Gayo
masalah keindahan juga udah gak usah di ragukan lagi gimana potensi yang di miliki oleh Indonesia dan khususnya Tanah Gayo ini tapi.... tetap sama saja kalau gak ada yang mendanai dan memperhatikan,  sama aja percuma dan akan jadi mimpi belaka, karna gak lama kemudian kalau tidak dirawat pasti rusaklah ikarna  kurang pengontrolan dan sosialisasi dari orang-orang pintar. makanya milih pemimpin itu penting. jadi kalau ada apa-apa bisa protes kalau gak milih jangan protes toh gak ada yang di protes dari pilihan kita toh kita gak memberikan amanat * wah malah jadi nyinggung politik... udah buang dulu politiknya pindah tanah Gayo lagi.

1. Sekilas tentang keluhan dan kurangnya perhatian kepada tanah Gayo 
SDN 8 Atu Linatang Kab. Aceh Tengah
Inilah wajah sekolah yang mendasari hidupku, hingga saat ini aku bisa sampai di perguruan tinggi, dari sini juga terlihat betapa kerasnya dunia menghadang dalam perjalanan. ini adalah potret sekolahan yang durasi waktunya tak jauh dari aku meng Uploadnya saat ini, hanya berselang beberapa bulan. dan bisa di bayangkan bila sekolahan ini sepuluh tahun yang lalu akan seperti apa bentuknya?... sebuah kisah yang jauh berbeda dengan pembangunan yang aku rasakan di pulau jawa. 

Bukan masalah aku iri atau menuntut dengan apa yang telah di berikan pemerintah kepada kami, namun alangkah lebih baiknya pemerintah melihat dan mendengar  keluhan salah satu warga Indonesia sepertiku ini. mungkin ini masih layak buat sekolah, sedangkan yang jauh lebih parah lagi pastinya masih banyak di sisi lain dari pulau Jawa. bukan aku iri pada orang jawa kawan... karna aku juga orang jawa tulen yang tinggal dan mempunyai KTP Aceh tengah, selain itu pada saat kerusuhan GAM (Gerakan Aceh Merdeka ) aku juga megalami bagaimana tekanan orang jawa di sana danhidup di atara mati juga pernah aku alami.

Aku tak rela kalau harus ada pertumpahan darah lagi karena alasan kesenjangan sosial atar pulau di Indonesia, karna bagaimanapun ini adalah satu Indonesia dan ini juga tanah milik Tuhan bukan semata-mata datang sendiri dan dimiliki oleh orang yang punya sertifikat saja.

Masjid Meurah Jernang yang di bangun dan tak kunjung selesai entah berapa puluh lagi cita-cita akan tercapai
Percaya atau tidak ini adalah potret dari buramnya Serambi Mekah, bagaimana bisa dikatakan serambi mekah kalau pembangunan masjid saja tak kunjung usai dari aku SMP sampau aku kuliah tingkat akhir betapa prihatinnya ternyata belum selesai juga. ada apa sebenarnya di balik ini semua ?

Desa Siaga yang selalu Kosong
Bisa di bedakan antara tempat dimana kamu tinggal dan foto yang ada di atas? kalau ada yang sakit apa yang akan kamu lakukan ?

Vila Yang di bangun hanya untuk di hancurkan ( ini sudah yang ke dua )
Karna desaku adalah salah satu desa tertinggi di dataran tinggi gayo, bahkan kabutpun menjadi makanan sehari-hari orang-orang di kampug kami. inilah potret buram dari pembangunan Vila yang sudah dua kali dan dua duanya berakhir dengan kerusakan sendiri.

Pemerataan itulah yang bisa membuat Indonesia ini damai,
dan yang pasti menjaga itu adalah kewajiban kita bersama... 








0 komentar: