Wisata Situs Candi Liyangan Temanggung

Beberpaa waktu lalu Tian juga sempat menyelam sambil minum air, eh alias sambil KPM ( Kuliah Pengabdian  Masyarakat ) dengan Izin Tuhan karna di beri kesehatan Jasmani dan rohani serata di ajak pak Lurah pastinya akhirnya kita sampai di Candi liyangan.

Yang kalau menurut wikipedia bahwasannya ceritanya langsung aja Monggo di baca.......
"Candi Liyangan adalah situs purbakala berupa candi dan kawasan permukiman di lereng timur Gunung Sundoro, tepatnya di permukiman warga Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, berjarak sekitar 20 kilometer arah barat laut dari kota TemanggungKabupaten TemanggungJawa Tengah. Situs ini baru ditemukan pada tahun 2008.
Penemuan pertama berupa talud, yoniarca, dan batu-batu candi. Penemuan selanjutnya sebuah bangunan candi yang tinggal bagian kaki dan di atasnya terdapat sebuah yoni yang unik, tidak seperti umumnya, karena yoni ini memiliki tiga lubang. Penelitian dan penggalian lebih lanjut dilakukan Balai Arkeologi Yogyakarta pada 2010 dan 2011 menyimpulkan bahwa situs tersebut bukan merupakan candi besar tetapi sebuah perdusunan Mataram Kuno. Berdasar gambaran hasil survei penjajakan Balai Arkeologi Yogyakarta menyimpulkan bahwa Situs Liyangan merupakan situs dengan karakter kompleks; indikasi sebagai situs permukiman, situs ritual, sekaligus situs pertanian."

Dari rusaknya alam akibat penambangan ternyata ada hal yang kadang manusia tak menduga sama sekali, ya ini contohnya ketemunya peninggalan Jaman nenek moyang, dan menurut bapak-bapak satpam penjaga disana (namanya lupa ), " situs ini di prediksi sampai kerumah warga " wah berarti kalau itu benar terjadi luas banget.

Buat sampai disana langsung aja Tanya daerah Temanggung, sampai situ tanya lagi Ngadirejo. nah kalau udah sampai di Ngadirejo tanya lagi yang namanya situs liyangan itu dimana si ? dan jangan malu bertanya entar sesat di jalan, tapi kalau kebanyakan nanya aduh namanya apa ya ? KEPO kali ya ?. Apapun deh yang penting sampai pada tempat tujuan.
Tian Sedang memandang betapa Indahnya Batu itu ? indah gak ya ? yang pasti bersejarah 

Kata apa yang tepat Untuk menggambarkan foto diatas ?

Bidadari Pemanis Situs Liyangan hehehehe

0 komentar: