Wonosobo adalah Surganya Pendaki

Bukan sombong biarpun aku adalah orang Aceh, tapi kalau sudah bicara tentang Wonosobo Jagonya buat cerita, apalagi jika menyangkut dengan keindahan dan potensi wisata yang ada di Wonsobo. buat kali ini Aku cuma mau spesifik aja ceritanya tentang keindahan yang hanya bisa di taklukkan oleh orang yang benar-benar punya minat dan tekat tinggi. apa lagi kalau bukan hobiku yang satu ini. MENDAKI Gunung pastinya.

Wonosobo adalah surganya para pendaki gunung, dari yang tingkat pemula sampai senior ada semuanya, potensi yang sangat hebat yang juga jarang di miliki wilayah lain selain Wonosbo.

1. Gunung Sindoro


Gunung Sindoro - 3.136 m.dpl, setidaknya ada tiga nama yang dikenal baik oleh masyarakat, Sindoro, Sundoro atau Sendoro. Adalah termasuk dalam jajaran gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe Strato. Dari kejauhan nampak seperti dua saudara kembar antara Sundoro dan Sumbing, berdiri kokoh di batas Kabupaten Temanggung sebelah barat dan sebelah timur kota Wonosobo. Diantara keduanya, dipisahkan oleh pelana Kledung (1.405 m.dpl) yang melintasi jalan raya, menghubungkan Wonosobo dengan kota Magelang. (http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Sindara)

2. Gunung Sumbing
Image Form : Ita Amalia

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Tegak setinggi 3.371 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung ini adalah satu tetangga dari gunung Sumbing yang juga bisa di daki lewat Jalur Wonosobo.

Kenapa harus lewat Wonosobo ?... alasan yang jawabannya sangat mudah karna setelah mendaki gunung Yang satu ini kita melanjutkan menyelami wisata dan keindahan Dieng dan koto Wonosobo yang begiru Asri sejuk dingin serta mempunyai alun-alun kota yang cocok buat bersantai menghilangkan penat. Selain itu Wonosobo juga memiliki banyak Hotel dari yang besar sampai kecilpun ada, dari yang mahal sampai yang murah ada juga. pokoknya buat kamu yang mau melakukan pendakian Jalur Wonosobo paling tepat Dech...


3. Puncak Sikunir



Puncak yang satu ini memang tidak setinggi Gunung Sindoro dan sumbing tapi apa yang menjadi mewah sikunir ? buat para Wisatawan mungkin sudah sangat tau terutama para pendaki pastinya hafal benar apa yang ada di Puncak sikunir Golden Sunrise yang selalu di nanti terbitnya, dari kaki bukit perjalanan hanya sekitar 30-40 menit saja jadi cocok buat pendaki pemula atau penikmat alam.

Gunung gunung sikunir dengan ketinggian 2350 di atas permukaan laut, selain itu sebelum kita memulai pendakian kita akan di suguhkan dengan keindahan telaga cebok di kaki bukitnya. Gunung yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo ini sekarang sangat ramai dikunjungi para wisatawan baik dalam maupun luar Negri. karna selain mudah sampai atas gunung yang satu ini juga dekat dengan Wisata Dieng Platau. jadi berangkat jam 4 saja dari penginapan kita sudah bisa menyaksikan Indahnya Golden Sunrise.

4. Gunung Prau


Gunung Prahu adalah sebuah gunung yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng tepat di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. ketinggian 2.565 mdpl, memang tergolong pendek dan juga tidak terkenal seperti gunung2 disekitarnya, ada Sindoro dan Sumbing.

Gunung yang bisa di daki lewat datran tinggi Dieng ini tepatnya Posnya ada di desa Patak Banteng setelah Gapura selamat Datang dataran Tinggi Dieng, selain itu gunung ini juga cocok buat para pemula yang belajar untuk melakukan pendakian karna memang jarak tempuh normalnya sekitar 2 jam saja. kenapa harus Lewat Wonosobo walaupun ada Jalur lain?... jawabannya gak usah di ceritain lagi.. udah ada di atas.

itu tadi beberapa gunung yang ada di Wonosobo dan masih banyak lagi gunung-gunung yang bisa di daki lewat Wonosobo. yang Tian gak sempat ceritain tapi bisa di Search di Blog ini, karna blog ini banyak banget nyeritain tentang keindahan Wonosobo. atau kalau kurang puas tanya aja sama Google sebagai petinggi dunia Maya.

Nah buat sekedar tambahan aja Tian kasih foto-foto aja keterangannya bisa di cari sendiri biar nambah penasaran sama Wonosobo kota petualang Indonesia buat aku si... kalau kalian ?...

5. Cemeti 
Image From Dila Arini

6. Curuk Sikarim



Ini Juga ada beberapa Video yang mengambarkan bahwa Wonosbo itu Indah...

"SALAM LESTARI, ALAM BUKAN HANYA KITA YANG MENIKATI NAMUN ANAK CUCU KITA JUGA BUTUH MENIKMATINYA, DARI ITU JAGALAH "

Giveaway #HariJadiWonosobo189


3 komentar:

  1. keren banget fotonya , membayangkan keindahan di sana

    BalasHapus
  2. Yg belum saya kunjungi tuh Cemeti. Sayang bangetN tidak ada keteragan apapun di Cemeti.

    Posting terpisah ya, Mas. Sukses ngontesnya. . .

    BalasHapus