Yang Kamu Harus Ingat Saat Naik Gunung


Bagi Para pecinta alam atau pecinta keindahan Alam yang telah Tuhan ciptakan, hanya sedikit pesan "kita harus menjaganya agar anak cucu kita bisa melihatnya di kemudian hari "

ada sedikit pengetahuan yang pernah Tian dengar dari teman-teman yang sudah lebih senior dalam dunia pecinta alam dan pendakian Gunung, tapi pengetahuan ini juga bukan untuk di gunung saja melainkan di kehidupan sehari hari kita sebisa mungkin dilaksanakan demi kelestarian berikutnya.

1. Jangan meninggalkan sesutu di gunung kecuali telapak kaki kita



naik gunung adalah hal yang gak semua orang bisa sampai di atasnya karna memang gung itu tinggi danbuat capek jadi siapa saja yang menyerah ya gak akan bisa sampai di atasnya itulah yang bisa jadi motivasi kita dalam menjalani hidup. Namun... dalam naik gunung banyak di antara kita kadang lupa kalau sampah plastik dan sebagainya bisa mengganggu ekosistem yang ada di sekelilingnya, makanya perlu kesadaran kita untuk membawanya turun dan memusnahkannya agar keindahan ciptaan Tuhan bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

2. Jangan mengambil apapun milik alam

karna memang alam ini adala sebauh rantai satu punah semuanya akan punah, untuk itu jangan sekali-kali mengambil apa yang menjadi milik alam karna memang bukan hak kita, entah itu bunga apa saja, tanaman apa saja, ataupun hewan apa saja, jangan sekali kali mengambilnya dari alam karna akan mengganggu ekosistem yang menyebabkan bisa hancurnya kehidupan dimasa yang akan datang. selian itu mitos yang beredar juga sangat ngeri, bagi siapa saja yang mengambil hak alam maka dia akan selalu di sleimuti oleh mimpi untuk mengembalikannya... ya kalau rumah kita dekat dengan gunung kalau jauh ?...

3. Jangan berkata yang kotor

berkata kotor tidak boleh itu bukan hanya pada saat naik gunung saja namun dalam kehidupan kita sehari-hari juga tidak diperkenankan untuk mengatakan kata-kata kotor. sedikit kisah nyata pada beberapa teman saya yang naik keGunung Sindoro dan tidak sampai di atasnya. pengen tau kenapa sebabnya ? ya karna itu tadi banyak mengucapkan kata-kata kotor. entah karna itu atau tidak yang pasti alam gak rela kalau kita seenaknya mengatakan sesuatu yang kurang enak di dengar. dan teman-teman saya tersesat untungnya mereka bisa pulang lagi dan ruginya gak sampai puncak dan menikmati alam malahan menikmati kepanikan.

Udah segitu aja dulu yang mau nambahi bisa di kolom komentar... yang penting jangan saling caci maki ya.. entar bisa tersesat di komentar hehehehe

SALAM LESTARI




2 komentar:

  1. betul, jaga alam kita sebagaimana mestinya agar alam tak murka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Om Moga alamnya bisa sampai anak cucu kalau di jaga dengan benar

      Hapus