Pendakian Gunung Sumbing 3.371 MDPL


Gunung Sindoro di lihat dari tanah sahabatya Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Tegak setinggi 3.371 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Bersama-sama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai ""Kledung Pass". ( Wikipedia )

di Gunung sumbing kamu akan menemukan beberapa jalur untuk pendakian. tapi bolang kali ini akan lewat satu jalur yang masih masuk dalam wilayah Wonosobo walaupun itu tepat di perbatasan antara Wonosobo dan Temanggung. tepatnya di Garung atau lebih mudahnya di gerbang perbatasan antara Wonsobo dan temanggung tepat sebelah pasar terlihat jelas tulisan Basecamp begitu besar.
dari sana tinggal jalan sekitar 400-500 meter kita akan menjumpai basecamp.

Pendakian dimulai bisa berjalan sampai post 1 atau naik ojek dengan biaya Rp.30.000 dan turun dengan biaya Rp. 20.000, karna perjalanan sampai post satu juga bisa dikatakan lumayan jauh dan setelah post satu jangan berharao ojek lagi karna tak ada ojek. kalau mau ngojek turun kebawah lagi saja..

Bolang dan ketiga teman bolang berjalan sekitar 8 - 10 jam untuk bisa sampai puncak itu kalau di itung perjalanan srmuanya. karna masih banyak waktu yang terbuang buat menikmati perjalanan. jangan pikir cepatnya tapi cari nikmatnya.

untuk lebih tau seperti apa ini ada beberapa foto dengan kondisi alamnya yang kurang cerah saat itu. buat yang mau bertanya silahkan tinggalkan komentar saja.


Bnayak yang bisa kita lakukan untuk seseorang di bawah sana



Sedikit tentang perjuangan perjalanan

Teman-teman PMI Wonosobo dan Banjar Negara

Menikmati itu ya seperti ini

Bolang " Bocah Ilang "

Makan Makan di puncak sumbing " jangan lupa sampah bawa Turun "

Basecamp Mt Sumbing Via Garung

2 komentar:

  1. Wahh.. senangnya bisa naik ke Sumbing..
    jadi pengen!!
    kapan ya?!
    *berpikir keras*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo kapan ?
      semoga bisa tercapai secepatnya tanpa ada halangan apapun kak..

      Hapus