CERITA PENCURIAN DI POS 3 SINDORO



Beberapa waktu lalu dalam sebuah group facebook aku melihat salah satu orang memposting bahawa ada banyak terjadi pencurian saat mereka mendaki di gunung sindoro, tepatnya pada pos tiga.  di dalam postingan tersebut banyak terjadi perdebatan sengit bahkan caci maki tak terhindar lagi.

Setelah beberapa hari lalu bolang mendaki sindoro untuk kepentingan lain, tepat saat itu juga bolang di temani oleh salah dua penduduk asli lereng Sindoro, ada mas Danang dan pak carik desa tersebut. Bolangpun menyempatkan bertanya pada mas Danang “ Mas saya lihat di group Facebook pendaki kok ada yang posting katanya banyak terjadi tas hilang di post 3 “, belum sempat mas danang menjawab seorang TIM sar turun dengan kehujanan dan melaporkan “ Tenda kami di serang Babi Mas, Tas kami di obrak abrik, Mie Instan dan bahkan ada yang tarik menarik Kaos dengan babi, Dum Hancur “ itu kata TIM SAR yang saya tak sempat tau tepatnya Tim Sar dari mana..? nah itu adalah jawaban yang memang sangat mengejutkan karna pertanyaan belum sempat terjawab malah sudah di jawab oleh barang bukti.

Saya dan mas Danang melanjutkan tanya jawab tentang persoalan tersebut, memang suatu ketiaka ada pendaki dari jakarta yang kehilangan tas dan seisinya serta tak percaya kalau itu memang ulah Babi. Terus saya melanjutkan kembali perbincangan “ iya mas kata di postingan facebook itu tendanya di sobek pake Benda tajam “  terus saya melanjutkan cerita tanpa memberikan ruang buat mas Danang menjawab “ Kalau di Logika tendakan/Dum pake reseleting kenapa kalau mau nyuri harus di sobek toh gak di Gembok saat di tinggal pergi “ .
Selang beberapa jam kemudian sayapun melanjutkan perjalanan Mendaki sindoro untuk urusan tertentu, dan di pos tiga saya dan beberapa teman saya yang juga di temani oleh pak carik memutuskan untuk Camp di post 3, alhasil  sekitar jam 11 malam setelah turun dari batu tatah dan kembali ke post 3 ternyata banyak babi yang sudah berkeliaran di sekitar tenda kami. Percaya gak percaya babinya besar sekali kawan. Dan itu yang membuat saya semakin percaya bahwa kejadian barang hilang mungkin di karenakan babi di pos 3, kemudian kami memutuskan untuk turun ke Base Camp demi keselamatan dll.

Ada sebuah cerita lain lagi bahwa hari sebelumnya TIM SAR juga menemukan Tenda serata tasnya berada di semak-semak. Mungkin itu juga bisa jadi bukti bahwa pencurian mungkin bisa jadi salah. Namun tidak menutup kemungkinan ada benarnya juga.  tapi mari kita berfikir positif saja,  Cerita ini hanya sekedar klarifikasi saya saja tentang postingan di facebook agar tidak semerta-merta memberikan pendapat tetang barang hilang, dan jika ada kesalahan informsi yang saya berikan mohon maafnya karna ini hanya cerita dari apa yang saya dengar dan apa yang saya lihat.

 tetap waspada dengan barang bawaan kita dan sebisa mungkin barang yang penting seperti dompet dan sejenisnya di bawa saat menuju puncak, saat membuat tenda perhatiakan tempat sekeliling agar keamanan dan resiko yang tidak kita inginkan bisa terhindarkan. Saling menjaga itu wajib hukumnya salaing menjag alam dan sekitar “ Babi menyerang bukan tanpa sebab, mereka menyerang karna memang makanan sudah sulit di dapat, jagalah ekosistem agar tetap bisa berjalan dengan semestinya “
#SalamLestari


10 komentar:

  1. Kalo saya bener-bener dicuri mas, dompet yg berada di dalam tenda dan ada uangnya tiba-tiba udah diluar tenda di bagian belakang dgn uang hilang ntah kemana, kunci motor juga diluar, carrier 2 headlamp 3 juga hilang, sementara tidak ada bekas serangan hewan, tenda masih berdiri tegak logistik masih ada, semoga menjadi pembelajaran buat yg lain agar lebih waspada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa jadi mas, gak menutup kemungkinan seperti itu. tapi juga banyak yang salah faham soal kehilangan. semoga bisa di jadikan bahan pembelajara agar lebih berhati-hati.

      Hapus
  2. Semakin bnyk info kehilangan/ kecurian di gunung. Beberapa diantaranya ga tanggung2 ada yg nekat terang2an dr info bbrapa temen
    #miris :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan kalau memang benar kita lebih berhati-hati dan pihak setempat segera menangani dengan baik

      Hapus
  3. Babi emang prmakan segalasih

    Eh itu subtitlenya emang : cintailan?

    Dan ga bisa komen pake nama & url aja ya bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa om sekali nulis gak di baca lagi om hehehe, makasih om kunjungannya.
      kayaknya bisa om pake "Balas tulisan" sebagai yang ada di bawah.

      ini Om blog Auk ya ? saya Fans berat blognya om

      Hapus
  4. mari ngeblog. biar dapat penghasilan

    BalasHapus
  5. wah ngeri ya mas... selain oleh babi,, pencurian yang dilakukan manusia pun banyak terjadi.. Selalu waspada aja kita saat bepergian kemanapun..

    Salam kenal.. Kalau berkenan mohon sarannya di blog newbie --> http://barrabaa.blogspot.co.id/ thank you :)

    BalasHapus
  6. Rencana mau kesana, tapi kok jadi ragu yaa? Hmm
    Nice info mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting selalu hati-hati dan jaga diri baik2 dimanapun, jaga alam sekitar pasti semua aman bang :)

      Hapus