Tentang kopi Luak dataran Tinggi Gayo



Kalian pasti taukan yang namanya kopi luak..? kopi yang juga kataya kopi termahal di dunia, bolang punya sedikit cerita tentang kopi luak yang sudah mendunia ini. Dahulu kala ya sekitar tahun 2002-2006 bolang masih sering mencari kopi yang luak, kalau dulu saya sebut dengan tai musang.

Dahulu kopi ini belum terkenal jadi harganyapun masih sangat murah, setengah dari harga kopi biasanya, maklum kopi luak dulu belum terkenal seperti sekarang. Bagi para peleles ( orang yang mencari sisa dari panenan kopi atau mencari tai musang/kopu luak, bahkan ada tai tikus juga ) kopi luak adalah kopi yang sangat mudah di ambil selain bentuknya sudah mengumpul menjadi satu, tapi eh tapi agak sedikit gimana gitu dengan bentuk maklum saja namanya juga kotoran iya kan bisa di bayangkan saja apalagi luaknya di alam liar apa saja menjadi campuran, dan karna itu juga makanya kopi luak liar lebih mahal. Kataya si gitu..

Sembari megutip kopi ( panen kopi ) di ladang saya juga menyempatkan mencari kopi luak karna memang dari beberapa pohon Nampak sudah di panenen / dimakan luak.

Mau lihat bentuknya kayak apa ? gambar di bawah ini adalah bentuk asli dari kopi luak liar yang sidah pecah karna saya jemur. Eh ya buat kamu mau yang pengen berpetualang dan melihat kampung kopi kalau dating antara bulan 12 sampai dengan bulan 5 karna masih panen jadi selain kamu bisa minum kamu juga bisa metik kopi sendiri sukur2 satu karung kan lumayan karna kalau kerja satu kilonya 2000 k.



Sama do’ain bolang juga bisa ngeluncurin produk kopi sendiri dari kampung sendiri , “ bolang gayo coffee “ …

0 komentar: