Ziarah di Raja Linge



Beberapa waktu lalu, tepatnya kira-kira seminggu sebelum Rhamadan datang, orang-orang di kampungku mengadakan Ziarah kubur kemakam Raja Linge, yang bertepatan di kecamatan Linge. Ya memang tak begitu jauh dari kampung saya yang dulunya juga merupakan kecamatan linge, walaupun sekarang sudah berbeda kecamatan namun kampung saya adalah kampung perbatasan antara kecamatan linge dan Atulintang.



Beberapa kali saya baca di internet, raja Linge merupakan asal usul orang Gayo, katanya si gitu lebih falidnya jika pengen tau tentang raja Linge itu siapa dan bagaimana sejarahnya bisa langsung tanyakan pada Google saja, atau cari bukunya, karna sudah banyak yang bercerita tentang Raja Linge. Maka dari itu yang ingin saya ceritakan adalah tentang perjalanan dan orang-orang di kampung saya saja. 



Jika kamu ingin Ziarah kemakan raja Linge, maka sepanjang perjalanan kamu akan di suguhkan dengan ranumnya pohon pinus, karna di kecamatan linge banyak sekali di tumbuhi pohon pinus yang konon katanya adalah peninggalan dari zaman penjajahan belanda.



Ziarah keraja Linge buat kami adalah sebagai mengenang dan mendoakan kerajaan asal muasal orang Gayo ini, walau jujur saya bukan suku Gayo asli namun tetap saja saya sudah berstatus sebagai warga dari Gayo. 







Foto : hasil Jepretan Fauzan dan Pariman dkk

0 komentar: