Hutan Yang Kehilangan Pohonnya



Seiring dengan perkembangan zaman dan makin banyaknya penduduk. Maka mau tak mau permasalahan yang di hadapi pula semakin membesar. Salah satunya pada titik pencarian pangan yang merupakan sebuah kebutuhan untuk bertahan hidup, jangankan dengan hanya yang halal yang haram saja banyak di lakukan. Dan semoga kita semua terhindar dari perkara yang Tuhan telah larang. Amin

Hutan merupakan kehidupan, karna “ dimana ada pohon di situ pulalah ada kehidupan “ namun hutan semakin hari semakin menyempit, salah satu yang nampak jelas ya di sekitar saya sendiri dimana hutan lindung saja sudah berubah menjadi perkebunan kopi. Semua bukan tanpa alasan, semuanya punya alasan tertentu dan alasan terakurat adalah untuk tetap bertahan hidup.

Bahkan tak jarang sengketa terjadi karna lahan ( hutan ) yang di tumbang kerap kali sudah masuk wilayah/ kecamatan lain, ketegangan semacam ini selalu saja terjadi di setiap tahunnya tanpa ada solusi yang benar-benar ampuh.





Saya juga menyempatkan mengenang masalalu dengan berjalan-jalan menelusuri hutan yang berada di sekeliling kampung saya, dahulu semasa kecil cukup berjalan tak jauh saja langsung bisa sampai hutan. Tapi sekarang dengan sepeda motor saja harus memakan waktu hingga hampir satu jam, itupun sudah tak nampak lagi hutan yang tebal dan berkayu besar-besar seperti dulu.


Banyaknya penebangan dan pembalakan mungkin menjadi faktor utama banyaknya kayu yang hilang, tapi lagi-lagi ini semua demi bertahan hidup dan siapapun tak bisa mengerti kecuali jika berada di posisi tersebut. Saya tak berani menyalahkan salah satu pihak toh semuanya punya alasan, walaupun jalan yang di ambil tak tepat tapi bagaimana lagi hanya itu mungkin cara mereka bertahan hidup. Ah entahlah hutan semakin jauh saja.

Semakin menyempitnya hutan juga terasa pada cuaca di kampung saya, mungkin 15 tahun lalu, udara terasa sangat dingin sekarang udara berubah menjadi lebih panas walau sebenarnya masih dingin juga sih, banyak terjadi longsor bila hujan berkepanjangan dan ini salah satu dari fungsi hutan yang telah hilang. Dan semoga bisa kita jadikan renungan bersama terutama buat diri saya sendiri. 

1 komentar: