BERBURU KULINER KHAS SURABAYA


Kota Pahlawan Surabaya merupakan salah satu Ibukota terbesar setelah Jakarta di Indonesia. Ibukota provinsi Jawa Timur ini di kenal dengan wisata sejarahnya dan ragam monumen sebagai lambang heroik dari masa perjuangan prakemerdekaan. Berwisata saat liburan atau waktu cuti jangan sekedar bekunjung melihat ke tempat-tempat menarik saja, wisata kuliner juga perlu mencicipi makanan khas dari wilayah tersebut.

Hal paling penting dari berwisata baik dalam bentuk tamasya atau wisata kudapan adalah mencari tempat penginapan yang tepat. Jangan asal pilih tempat menginap pastikan lokasinya strategis, persis seperti Hotel Sahid Surabaya lokasinya tepat di tengah kota Surabaya jadi kamu enggak perlu repot mengatur jarak tempuh waktu perjalan ke lokasi-lokasi wisata karena Hotel Sahid di jantung kota jadi berwisata lebih mudah. PesanHotel Sahid Surabaya di Traveloka sekarang dan dapatkan promo menariknya.

Kota yang terkenal dengan ikon patung Sura dan Buaya singkatan dari kata Surabaya yang bermakna ikan hiu sura dan buaya ini bukan hanya memiliki ragam lokasi wisata hiroik tapi juga kuliner yang manis-pedas khas Jawa Timuran. Berikut adalah list wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi dan nikmati dengan harga pas untuk kantong semua usia, dan rasanya uenak rek!

(sumber: berandamasakan.com)
Rawon

Kuah hitam pekat dengan potongan daging, kecambah, daun bawang, telur asin beberapa sendok sambal dan perasan jeruk nipis menjadi campuran rasa manis, pedas, asin dan asam yang menyegarkan bukan? Rawon setan makanan khas Surabaya ini memang sudah jadi menu wajib jika berkunjung ke Suroboyo. Setidaknya kamu bisa mampir ke 4 lokasi ini kalau mau coba rawon dengan varitas dan toping beragam.

  • 1.       Rawon setan di Jl Embong Malang, buka pada malam hari kamu bisa makan rawon dengan tambahan tempe goreng, sambal pedas khas rawon setan, kerupuk dan paru goreng.


  1. 2.       Ada juga rawon kalkulator di Taman Bakul Surabaya yang bikin beda bukan rawonnya tapi pelayannya yang kecepatan hitungnya nyaingin kalkulator.Makan campur rawon dengan nasi, perkedel, dan kerupuk udang sedap deh pasti.


  1. 3.       Rawon nguling sudah berdiri sekitar tahun 40-an rintisan Mbah Karyoredjo yang sebelumnya dikenal dengan nama warung lumajan. Lokasinya persis di sebelah timur jembatan perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo. Potongan daging rawonnya bikin puas.


  1. 4.       Rawon Pak Pangat ada di Jl Ketintang Baru Selatan I/15, Gayungan, Surabaya yang bikin beda dari rawon ini adalah toping empal goreng yang disuir-suir hampir mirip abon.


(sumber: recipehug.com)
 Sate Klopo

Indonesia punya ragam jenis sate berbeda dari tiap daerah, nah di Surabaya ada sate klopo. Khas dari sate daging ini di bagian tengah susunan daging satenya diselipkan jeroan atau lemak sapi yang kalau dibakar minyaknya lemaknya bikin gurih. Sebelum dibakar para sate ini lebih dulu dibumbui dengan parutan kelapa jadi semakin bikin si daging menjadi-jadi gurihnya. Warung sate klopo ondomohenyang terkenal milik Bu Asih bisa kamu temui di Jalan Walikota Mustajab nomor 36, Surabaya.

(sumber: jendelakuliner.com)

Lontong Balap
Makan lontong ini kamu enggak perlu buru-buru kok, maksud balapan di sini karena penjual lontong balap jualannya dipikul, berat, dan sambil jalan kaki jadi para penjajannya terlihat buru-buru pas jalan seperti orang sedang balapan. Kuliner ini bisa kamu temuidengan mudah, mungkin seperti nemuin abang penjual bakso di Jakarta kali ya. Lontong balap ini ditemani toge rebus, tahu goreng potong, lentho (semacam gorengan campuran singkong dan kacang tanah) kemudian di siram kuah kaldu.

Aneka Tahu

Makan tahu di Surabaya seperti termasuk dalam kategori makanan lumayan berat nih karena tidak di makan begitu saja seperti makan gorengan tahu.

1.       Tahu tek

Terdiri dari tahu goreng, dan kentang yang digunting-gunting (ini salah satu khasnya bahan dipotong dengan gunting bukan pisau), lalu ditambah kecambah, seledri, dan disiram bumbu petis jangan lupa kerupuk juga.

(sumber: resepmasakan.com)
1.       Tahu campur

Bedanya dengan tahu tek, tahu campur mirip lontong balap. Selain tahu goreng, ada potongan daging sapi, mie kuning, toge, perkedel, dan selada kemudian di siram kuah kaldu sapi, mantap!

(sumber: resephariini.com)
 Dessert
Setelah makan yang berat sampai yang santai kayak makan tahu sekarang waktunya yang ringan-ringan dan manis untukjadi penutup makan besar kali ini.

1.       Rujak cingur

Rujak di Surabaya ini memang lain, bukan potongan buah segar dengan cocolan sambal gula aren dan garam pedas tapi sekilas mirip gado-gado kayaknya. Rujak cingur isinya bukan cuma buah, tapi ada sayur juga, lengkap dengan lontong dan irisan cingur atau hidung sapi yang disiram kuah kacang dan petis serta peyek.

(sumber: rajamakanan.com)
 1.       Ice Cream Zangrandi

Yang nggak kalah bersejarahnya dari kota pahlawan Surabaya, Ice Cream klasik Zangrandi berada di Jalan Yos Sudarso dan sudah berdiri sejak 1933 masih tetap asli dan khas Suroboyo.
sumber: bloginformatifterkini.com)
Sebenarnya masih banyak makanan khasSurabaya lainnya tapi ini priority list lah ya. Liburan bukan cuma sekedar jalan tapi juga jajan, jadi jangan  cuma cuci mata tapi juga cuci mulut. Perut kenyang hati senang!

6 komentar:

  1. Nah kan. liat beginian! yang pertama kangen surabaya dan malang dan yang kedua kangen makanannya :(

    BalasHapus
  2. Pecel emang makanan kesukaanku pas di surabaya atau blitar :3 heheh mantap banget

    BalasHapus
  3. jadi ngiler nihhh ini baru makanan kesukaanku makanan khas surabya jadi pingin nyicipin semuanya nihh

    BalasHapus
  4. Wah mantap banget ini :D saya pernah sebulan di surabya tapi makannya tetep aja pecel pincuk :D hahah

    BalasHapus
  5. Paling suka tahu campur sama tahu tek, hauce! Oiya rujak cingur jangan lupa masukkan daftar, paling enak di pasar genteng. Terus info nih buat harga tiket atau barang oleh2 bisa dicek harganya di priceza.co.id biar gak dimodusin orang jualan di pasar :D

    BalasHapus